BNCC TECHNO EVENT “Learning Habit For Programming”

PRESS RELEASE: BNCC TECHNO EVENT

“Learning Habit For Programming”

 

Jakarta, 14 Desember 2017 – Profesi sebagai ahli bahasa pemrograman saat ini sangat diminati, mengingat saat ini hampir semua bidang terdapat campur tangan teknologi. Data BLS yang dirilis 2015 mengungkap kemampuan pemrograman sebagai salah satu kemampuan yang paling dicari ketimbang profesi lain. Penelitian Glassdoor pada tahun 2016 menunjukkan delapan dari 25 pekerjaan yang paling diinginkan berasal dari industri teknologi. Laporan dari Burning Glass di tahun lalu juga menunjukkan ada tujuh juta lapangan pekerjaan bagi ahli bahasa pemrograman. Jumlah ini termasuk impresif, mengingat ada 12 persen dari rata-rata serapan lapangan pekerjaan secara global. Rata-rata pendapatan seorang ahli bahasa pemrograman per tahun lebih tinggi US$22.000 ketimbang profesi lainnya. Hanya saja, kebutuhan industri dan ketersediaan ahli bahasa pemrograman tidak berbanding lurus. Meski begitu, fakta ini tak menyurutkan profesi ahli bahasan pemrograman, terlebih jika melihat kebutuhan di berbagai industri.1

 

 Suasana ruangan event BNCC “Learning Habit For Programming”

 

Perkembangan teknologi terutama kemunculan bahasa pemograman baru juga berkembang pesat seiring kebutuhan industri yang terus berkembang. Sehingga cukup sulit bagi seseorang yang bahkan mempunyai latar pendidikan teknologi terlebih lagi orang yang awam untuk mempelajari bahasa pemograman baru. Untuk itu, BNCC (Bina Nusantara Computer Club) mengadakan event berupa seminar yang bertemakan “Learning Habit For Programming” yang diadakan di Auditorium Binus Anggrek. Event ini pun telah dihadiri 100 mahasiswa Binus (atau yang lebih dikenal dengan sebutan Binusian). BNCC mengundang Helmi Rofiqi selaku Head Of Web Engineering di perusahaan Kudo x Grab untuk menjadi pembicara. Kudo adalah sebuah platform yang menawarkan kesempatan bagi jutaan orang Indonesia untuk mengembangkan usaha mereka lewat teknologi. Kudo menyediakan akses ke bermacam pilihan produk dan layanan yang bisa diakses lewat aplikasi. Saat ini Kudo telah memiliki lebih dari 500.000 agen di 500 kota dan kabupaten di penjuru Indonesia.

 

 Bapak Helmi Rofiqi memberikan tips dan trik kepada peserta event

 

    Dalam kesempatan ini, Bapak Helmi Rofiqi membahas tentang bagaimana memotivasi diri dan membangun sebuah kebiasaan yang baik untuk mempelajari bahasa pemograman baru secara lebih efektif serta tips dan trik untuk membentuk sebuah kebiasaan yang mempercepat kita dalam mempelajari sebuah bahasa pemograman. Bapak Helmi Rofiqi juga menceritakan pengalaman beliau saat mempelajari bahasa baru hingga akhirnya bekerja di perusahaan Kudo yang diakuisisi oleh perusahaan Grab. Dengan diadakannya acara ini, BNCC berharap Binusian mendapatkan pembelajaran yang dapat dipetik dari pembicara serta pengetahuan menumbuhkan semangat para Binusian yang ingin bekerja terutama di bidang teknologi untuk menyelesaikan masalah yang ada di Indonesia.

 

1 Anggraini, Ervina. 2017. Menakar Peluang Karier Ahli Bahasa Pemrograman di Indonesia.   

  https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20171007074240-192-246767/menakar-peluang-karier-ahli-bahasa-

 pemrograman-di-indonesia

Tentang BNCC   

 

Bina Nusantara Computer Club (BNCC) merupakan satu-satunya unit kegiatan mahasiswa yang berbasiskan komputer di Universitas Bina Nusantara yang telah berdiri sejak tahun 1989. Sebagai organisasi non-profit yang telah berdiri selama 28 tahun, BNCC memiliki 3 produk yaitu software house FAVESOLUTION, online media FileMagz.com dan kelas pembelajaran Learning and Training. Selain itu BNCC juga mempunyai External Event Organizer, Overclocking Community, dan Technopreneur Community.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi www.bncc.net

Kontak BNCC :

Public Relations BNCC

021-53653279

Jl. Kebon Jeruk Raya No. 50 Kemanggisan, Jakarta Barat 11480

pr@bncc.net